Mencoba Jetpack XML Sitemaps Fitur Baru Plugin Jetpack



Jika kamu memperhatikan selama dua hari ini plugin Jetpack sudah melakukan dua kali update, dan karena penasaran kenapa dalam waktu berdekatan melakukan 2 kali update akhirnya saya coba baca changelog ternyata selain perbaikan bug, mereka juga menambahkan beberapa fitur baru diantaranya Jetpack XML sitemaps.

Menariknya setelah kita mengaktifkan modul Jetpack XML sitemaps ternyata akan membuat dua buah sitemap yaitu untuk post dan page serta satu lagi news sitemaps yang khusus untuk blog atau situs yang sudah diapprove masuk ke Google News dan hanya menampilkan entri yang diposting dalam waktu 48 jam terakhir.

Cara Mengaktifkan Jetpack XML Sitemaps

Bagi yang ingin mencoba dan ingin mengaktifkan modul terbaru dari Jetpack caranya cukup mudah, yaitu dari Menu Jetpack – Settings – lalu pilih Sitemaps klik Activate.

Setelah diaktifkan kita bisa melihat hasilnya sepertinya apda dengan cara buka urlblog/sitemap.xml sedangkan untuk news sitemap bisa diakses dari urlblog/news-sitemap.xml.

Tampilan XML Sitemaps Jetpack

Pada gambar diatas terlihat ada 4 buah kolom yaitu url artikel, featured image (Yes/No), Change Frequency dan Last Update. Jika dilihat memang tidak jauh berbeda dengan tampilan dari beberapa plugin untuk membuat Google Sitemap, kecuali jika dibandingkan dengan Yoast SEO yang mana membagi dua buah sitemap yaitu untuk post dan page.

Kekurangan dari fitur baru jetpack ini adalah tidak adanya opsi untuk melakukan modifikasi dengan mudah sehingga saat kita ingin exclude atau tidak menyertakan post maupun page tertentu dari sitemap seperti yang bisa dilakukan dengan plugin Yoast SEO.

Kesimpulan, fitur baru dari Jetpack ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin menginstall plugin tambahan untuk membuat sitemap atau belum menggunakan Yoast SEO, tetapi perlu diingat modul ini sangat minim konfigurasi sehingga sulit untuk menentukan postingan atau halaman mana yang tidak ingin disertakan.

Related Posts:

0 Response to "Mencoba Jetpack XML Sitemaps Fitur Baru Plugin Jetpack"

Posting Komentar