Teknologi cara mengatasi laptop cepat panas

Sekarang  sudah ada Teknologi cara mengatasi laptop cepat panas, berikut kami sajikan;



  Tips dan caramengatasi laptop cepat panas, yang pastinya menarik untuk anda simak. Ngomong-ngomong, apakah anda sering bekerja dengan menggunakan komputer yang bisa di bawa kemana-mana atau bisa di sebut laptop? Jika iya, berarti tips dan trik yang kami sajikan kali ini sangat pas untuk anda. Kali ini kami akan berbagi  tips cara mengatasi laptop cepat panas agar aktivitasmu tidak terganggu karena laptop anda overheat atau hang. Berbeda dengan PC yang dilengkapi semacam kipas yang mampu menjaga suhu secara stabil, maka komputer bisa di bawa kemana-mana atau bisa di sebut laptop tidak memiliki pendingin yang  mampu mendinginkan. Karena desainnya yang relatif kecil, maka laptop akan lebih cepat panas jika digunakan untuk bekerja atau memainkan laptop  secara berlebihan. Untuk menyiasati masalah ini, kami akan menjelaskan cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa menyebabkan pekerjaan anda berantakan.
  Banyak penyebab laptop menjadi panas sehingga usahakan untuk mengindari hal-hal berikut diantarannya adalah penggunaan laptop yang terlampau lama akan membuat laptop menjadi panas sebaiknya gunakan laptop selama 5 jam setiap harinnya, lalu letakan laptop yang bukan pada tempatnnya maka kita harus menempatkan laptop pada bidang yang datar dan halus hindari menempatkan laptop  pada kasur, ataupun dipangku karena akan berakibat bahaya bagi laptop Anda.
  Sebelum kami memberikan rincian cara mengatasi laptop panas, kami akan mengupas apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan suhu pada laptop terlebih dahulu. Ada berbagai hal yang menyebabkan laptop menjadi panas. Kawan kami pasti sudah paham kalau penggunaan laptop dalam waktu lama adalah salah satu penyebabnya. Hal ini memang benar sekali. Penggunaan secara terus menerus tanpa dimatikan dalam waktu yang lama, memang akan membuat laptop cepat overheat atau hang. Laptop yang overheat atau hang  pastinya akan mempengaruhi performa mesin dan komponen-komponen lain yang ada. Karena komponen-komponen yang ada pada laptop berbeda dengan yang digunakan di PC, maka daya tahan sebuah laptop pun juga berbeda. Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam jika digunakan secara terus menerus, apalagi untuk pekerjaan berat seperti bermain game. Agar kerja anda tidak terganggu oleh laptop yang overheat atau hang, sebelum kita masuk dalam permasalahan nya kita harus akibatnya terlebih dahulu bukan hanya yang ada di atas saja,  inilah akibat yang terjadi di laptop ketika laptop anda kepanasan, yaitu :
*Saat anda bermain game, mungkin terjadi hang atau game tidak berjalan.
*Windows tidak merespon saat digunakan.
*Suara kipas di laptop terdengar lebih keras daripada biasanya, karena ketika panas terlalu cepat terjadi, secara otomatis kipas akan berputar lebih cepat daripada biasanya.
*Ketika menghidupkan komputer, terkadang akan terjadi "Black Screen" atau anda tidak akan masuk ke Windows.
*Mouse dan keyboard tidak berfungsi atau saat kita mengeserkan mause sangat lambat.
*Windows akan memunculkan kesalahan hardware, yang ditandai dengan Blue Screen of Death (BSOD)
 Sekarang kami akan menjelaskan cara-cara agar laptop tidak panas. kami akan membagi menjadi 2 bagian, yaitu:

*Hardware
- Memastikan ventilasi udara tidak tertutup
 Untuk tips awal yang sangat simpel ini, pastikan ventilasi atau vent pada laptop tidak terhalangi oleh objek apapun. Karena akan menghambat laju udara panas yang keluar dari komponen laptop. Untuk itu, singkirkan semua benda yang menghalangi. Selain itu, laptop sangat tidak diperbolehkan untuk digunakan pada tempat-tempat yang empuk, seperti kasur. Karena bahan kasur akan menyerap panas dan juga menutup ventilasi udara
 Selanjutnya, kita akan mulai membersihkan ventilasi di laptop. Seperti yang kita ketahui, setiap kali anda menggunakan laptop, maka debu tentu saja akan masuk ke ventilasi dan menghalangi kipas untuk berputar. dan kipas tidak akan bekerja secara optimal. Debu akan menghalangi aliran panas di laptop. Selain itu, debu akan terus menumpuk dan menghalangi kinerja kipas.
 Cara membersihkan debu pada ventilasi udara adalah dengan menggunakan kaleng kompresor atau anda bisa menggunakan vacuum cleaner kecil atau vacuum mini yang diset untuk mengeluarkan udara (bukan menyedot udara) atau hair dryer dengan suhu udara yang dingin. Namun, kaleng kompresor lah yang paling bagus untuk digunakan. Masukkan ujung dari kaleng kompresor ke ventilasi udara dan semprot ke ventilasinya.Dengan cara seperti itu, debu akan keluar dari ventilasi udara.
  Jika anda tidak memiliki alat yang memadai, anda bisa saja meniup ke ventilasi udara. Namun, cara ini sangat tidak disarankan, karena debu dapat masuk ke tubuh anda. Tutuplah hidung anda agar debu tidak masuk.
-Perhatikan lingkungan sekitar
  Dimanakah anda menggunakan laptop? Jika anda berada di ruangan ber-AC, maka anda tidak perlu khawatir dengan laptop anda. Jika anda menggunakannya diluar dengan matahari yang terik? Sebaiknya, anda harus menghilangkan kebiasaan itu karena akan menambah panas di laptop anda. Selalu perhatikan tempat anda menggunakan laptop, termasuk intensitas debu di lingkungan anda. Usahakan menggunakan laptop pada lingkungan yang bersih.

*Software
-Tutup program yang tidak digunakan
Ya, semua program yang berjalan di komputer anda tetap menggunakan hardware untuk bekerja. Tentu saja, semakin banyak program yang anda gunakan, komputer akan bekerja lebih keras dan akan menghasilkan panas yang berlebih. Menutup program yang tidak digunakan sangatlah membantu untuk mengurangi panas di komputer.
  Selain itu, program yang ada di tray atau dibackgroun juga menggunakan resource komputer anda untuk tetap berjalan. Untuk itu, menutup program yang ada dibackground akan membantu meringankan kinerja komputer.
-Mengatur Power Plan
  Pada Windows Vista, 7, dan Windows 8, Microsoft memperkenalkan fitur 'Power Plan' agar kita dapat mengatur penggunaan hardware dan konsumsi energi. Pastikan power plan yang anda gunakan sesuai dengan keadaan. Jika anda hanya menggunakan komputer untuk browsing internet, merubahnya ke 'Power Saver'. Cara mengakses Power Plan adalah dengan mengklik Start (Buka Start Screen jika menggunakan Windows 8) dan ketik 'Power Plan' dan tekan enter. Ubahlah ke mode 'Power Saver'.
  Selain itu, dengan memilih power saver, konsumsi energi akan diminimalkan, sehingga komputer anda tidak akan terlalu panas. Anda juga dapat mengakses Power Plan dari tray di taskbar.
Berikut beberapa cara mengatasi laptop yang cepat panas yaitu dengan cara membersihkan laptop secara teratur sehingga sirkulasi udara pada laptop dapat lancar sehingga tidak akan menimbulkan kepanasan pada laptop Anda, langkah selanjutnya adalah penggunaan kipas laptop, pengguanaan kipas laptop ini sangat beguna untuk megatasi laptop yang cepat panas. Anda juga dapat melakukan pengaturan LCD yaitu disetting dengan pencahayaan yang minim sehingga tidak akan menguras energy dan membuat laptop menjadi semakin panas.
  Langkah untuk mengatasi laptop yang cepat panas selanjutnya adalah dengan mengecek pengaturan pada BIOS ataupun dengan mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setiing power laptop misalnya adalah speedfan yang berfungsi untuk mengkontor suhu drive, prosesor, serta komponennya.
Jika anda belum puas penjelasan yang di atas kami akan berikan yang lain lagi, ini dia cekidot.
 kami terangkan cara mengatasi laptop cepat panas dengan langkah-langkah mudahnya pada segmen dibawah ini.

1.Menggunakan Cooling Pad
  Cara mengatasi laptop cepat panas yang pertama adalah dengan cara menggunakan cooling pad. Cooling pad memang menjadi teknologi yang dihadirkan untuk membantu menurunkan suhu pada laptop atau benda sejenisnya. Dengan benda ini, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Penggunaan cooling pad memang jamak dilakukan sebagai cara mengatasi laptop cepat panas secara mudah dan efisien. Namun, Begawei sarankan juga, untuk tidak memakai cooling pad secara berlebih. Hal ini dikarenakan cooling pad punya kemungkinan untuk membawa debu dan kotoran masuk pada perangkat anda. So, saat anda memutuskan meminjam jasa cooling pad untuk menurunkan suhu laptop, pilihlah yang spesifikasinya benar-benar memadai. Jangan sampai anda memilih cooling pad yang malah bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada laptop anda.

2.Membersihkan Kipas atau Heatsink pada Laptop
  Cara mengatasi laptop cepat panas berikutnya, adalah dengan membersihkan part atau komponen yang ada pada laptop. Ada beberapa sumber yang membuat laptop cepat panas. Mereka adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi, adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. Luangkan waktu anda untuk membersihkan kembali kipas pada laptop. Gunakanlah juga pelumas antara 3 minggu hingga 4 minggu sekali. Hal ini bisa anda lakukan sendiri. Bukalah bagian middle cover laptop dengan cara mencungkil secara hati-hati dan angkat cover-nya. Setelah itu bukalah skrup dan angkat penutupnya. Lalu bersihkanlah kipas dengan kain halus. Manfaatkan juga cutton bud untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit pada kipas, agar lebih bersih. Cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan sebelum memulai pekerjaan, agar nanti di tengah-tengah kerja anda tidak terganggu oleh laptop yang mulai panas.

3.Mengganti Thermal Paste CPU
  Cara berikutnya, anda bisa mengganti komponen yang mulai menunjukkan gejala kerusakan. Salah satunya adalah Thermal Paste CPU. Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop tiba-tiba blank secara kontinyu saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. Nah, cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut. Jika laptop anda sudah menunjukkan gejala sering blank dan overheat, maka cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan. Jadi, Begawei sarankan agar anda secara rutin mengecek kondisi komponen yang ada dalam laptop anda.

4.Andalkan Settingan Laptop
  Cara mengatasi laptop cepat panas yang terakhir bisa dengan cara melakukan ubahan pengaturan atau setting pada laptop itu sendiri. Selain melakukan setting secara fisik dengan membersihkan laptop dan menggunakan perangkat tambahan seperti cooling pad, kawan Begawei bisa melakukan setting ulang pada sistem laptop untuk membantu menurunkan suhu. Anda bisa melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim, sehingga tidak akan menguras energi dan membuat laptop menjadi semakin panas. Lihatlah juga pengaturan pada BIOS. Selain mengandalkan pengaturan pada laptop, salah satu cara mengatasi laptop cepat panas yang anda bisa lakukan adalah dengan cara mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setting power pada laptop. Misalnya saja adalah Speedfan, yang berfungsi untuk mengontrol suhu pada prosessor dan komponen lainnya.
  Bagaimana? Panduan cara mengatasi laptop cepat panas yang kami hadirkan sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Hal-hal sepele seperti suhu laptop memang kadang terlupakan karena tingkat kesibukan penggunanya. Namun, dari hal sepele ini kadang masalah yang lebih besar sudah menanti. Berawal dari overheat, biasanya kerusakan-kerusakan selanjutnya akan mudah terjadi. Selain cara mengatasi laptop cepat panas yang sudah kami berikan di atas, tentunya anda harus lebih sering memperhatikan suhu pada laptop saat bekerja. Cara cek suhunya cukup mudah kok. Anda tinggal meraba bagian bawah laptop. Jika suhunya sudah mulai naik, ada baiknya kawan kami ’mengistirahatkan’  sejenak laptop dari aktivitas untuk menormalkan kembali suhunya.
  Semoga beberapa tips mengatasi laptop panas diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi laptop yang cepat panas karena jika tidak secara cepat terselesaikan maka kinerja laptop akan semakin berkurang dan akan berdampak pada pekerjaan kita yaitu pekerjaan kita akan terhambat sehingga sangat penting untuk selalu memperhatikan laptop kita.

Kesimpulan
  Beberapa langkah antisipasi atau mengatasi laptop panas diatas semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas dan kinerja laptop yang maksimal sehinggga laptop Anda dapat bekerja dengan maksimal . dan Menjaga komputer anda agar tidak panas merupakan salah satu cara untuk memperpanjang masa pakai komputer anda. Karena, tentu saja panas akan merusak komponen didalam komputer. Akhir kata, semoga artikel hari ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Wassalam,,,


Related Posts:

2 Responses to "Teknologi cara mengatasi laptop cepat panas"

  1. Service laptop panggilan

    Laptop anda bermasalah? Kena virus
    Sering hang,atau tidak bisa masuk windows?
    Jika anda sibuk dan tidak punya cukup waktu
    untuk membawa ke reparasi laptop. Cukup
    hubungi kami. maka kami akan ketempat anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :

    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :

    1. LCD Pecah
    2. Engsel Patah
    3. Tidak Tampil
    4. Mati Total
    5. Keyboard Error
    6. kepanasan
    7. Sering Mati-Mati
    8. Tidak Bisa Charging

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com/laptop.html

    BalasHapus
  2. http://www.mudahtekno.com/2015/05/cara-cegah-agar-laptop-tidak-panas.html?showComment=1471848938117#c4628688057268610126

    BalasHapus