BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI MEDIA KOMUNIKASI DIGITAL



Teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu.

Kelebihan teknologi informasi digital Kelebihan sistem komunikasi digital dibanding dengan sistem komunikasi analog adalah :
* Kualitas signal yang diterima jauh lebih tinggi
*Cacat-cacatnya menjadi jauh lebih rendah
*Jumlah kanal informasi atau jumlah informasi yang dapat ditangani menjadi jauh lebih banyak *Keandalannya menjadi jauh lebih tinggi

kekurangan teknologi informasi digital
*kebutuhan bandwidth transmisi menjadi jauh lebih lebar
* rangkaian elektronika yang digunakan menjadi lebih rumit atau komplex

Jenis-jenis komunikasi digital
  berikut ini akan disajikan empat jenis komunikasi digital yang bisa dilakukan, yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas e-mail, milis, chatting dan facebook.

* e-mail
   e-mail adalah kependekan dari electronic mail, e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik. ada beberapa aplikasi e-mail di antaranya yahoo! mail, gmail, hotmail, aol, sina, 126, 163, daum dan sebagainya. program ini digunakan untuk membaca, mengirim, dan menyimpan e-mail. surat elektronik adalah surat yang dibuat, dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.
melalui e-mail ini kita bisa saling berkirim surat sebagaimana layaknya saling berkirim surat biasa, hanya dalam wujud surat yang berbeda, bukan berupa kertas. beragam jenis data dan informasi yang bisa dikirim melalui e-mail, yaitu bisa berupa teks atau tulisan, gambar, suara, dan video. kesemuanya dalam bentuk data elektronik.

* milis
  milis atau mailing list adalah layanan di dalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mailuntuk bisa melakukan diskusi di milis atau mailing list, kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list, misalnya di yahoo! groups. kalau sudah terdaftar artinya kita sudah memiliki akses untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok diskusi di mailing list yang sudah ada.

* chatting
   chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. melalui fasilitas ini, kita bisa bisa mengobrol atau berkomunikasi dengan siapa pun dan di mana pun di seluruh belahan dunia. pemanfaatan chatting ini, dewasa ini banyak digunakan untuk mencari perkenalan dengan orang-orang yang berbeda latar budaya, bahkan terkadang untuk ajang cari jodoh. meskipun demikian, sebenarnya pemanfaatan internet tidak terbatas untuk perkenalan saja, tetapi dapat digunakan untuk beragam tujuan termasuk untuk kepentingan pendidikan.

ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan program chatting ini, yaitu komunikasi lewat tulisan, suara, gambar, file, (sms) dan group. chatting di internet menjadi mungkin dilakukan karena adanya suatu perangkat lunak (software) yang dikembangkan khusus untuk melakukan itu. terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu: mirc, msn messenger, yahoo! messenger, blackberry messenger dan yang lainnya.

* facebook, twitter, dsb
 facebook merupakan salah satu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, sebagai media untuk saling mengenal antar jati diri teman-teman dengan tanpa harus bertatap muka langsung. mengingat jumlah teman yang begitu banyak.
melalui facebook & twitter ini kita bisa berkenalan dengan orang baru, reuni dengan teman-teman lama, juga bisa digunakan untuk kepentingan tertentu lainnya misal pendidikan, politik, bisnis dan sebagainya. melalui situs ini kita bisa berekspresi, berkomunikasi dengan teman atau kenalan yang sudah ada, juga bisa memperluas jaringan pertemanan dengan cara mengundang atau diundang teman.

Related Posts:

0 Response to "BERBAGAI MACAM TEKNOLOGI MEDIA KOMUNIKASI DIGITAL "

Posting Komentar